Usaha Sablon Kaos Modal Kecil

Pada kali ini saya tidak membahas hal-hal teknis tentang sablon kaos. Tapi saya akan membahas tentang tips usaha sablon kaos dengan modal kecil.

Banyak orang selepas di PHK (pemutusan hubungan kerja) atau habis kontrak menjadi bingung mau melamar kerja atau buka usaha. Kalau cari kerja di tempat lain harus bersaing kembali dengan para calon pekerja yang notabene lebih muda, lebih energik dan mau dibayar murah. Sementara untuk memulai usahapun kebanyakan dari mereka juga langsung terbayang berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai sebuah usaha.

Mungkin dalam benak anda dan banyak orang usaha sablon kaos membutuhkan modal besar. Modal yang dimaksud banyak orang kebanyakan modal uang. Padahal tidak. Saya sendiri sudah membuktikannya. Saya pada awal usaha sablon hanya bermodalkan 1 screen saja, 1 rakel, dan tinta sablon (rubber). Pada saat itu saya berani menerima pesanan dari teman minta dibuatkan sablonan JKT48. Saya buat cetakannya dari kertas dan logo JKT48 digambar manual nyontek di internet. Dan Alhamdulillah jadi, walaupun hasilnya tak seberapa (karena kaos bukan dari saya) tapi puas. Dan itu merupakan titik awal dan batu loncatan saya membuka usaha sablon.

Sekedar share cara lain usaha sablon atau jual kaos yaitu dengan cara jadi makelar dan maklon sablonan. Cara ini malah modal uangnya nol. Yang besar adalah modal jaringannya. Baik akan saya jelaskan bagaimana jadi makelar dan maklon sablon.

- makelar kaos : tugas kita adalah mencari pesanan pembuatan kaos seragam, jaket komunitas, dll. Setelah ada pesanan kita tinggal lempar ke tempat konveksi kaos. Keuntungan kita adalah dari selisih harga pesanan dan harga dari konveksi. Biar untung gede nego habis aja konveksinya.

Maklon sablon : Maklon menurut saya adalah memerintahkan orang lain untuk mengerjakan. Contoh : kita buka distro dengan brand/merk sendiri tapi yang membuat kaos adalah konveksi/vendor. Desain dan merk dari kita.

Sekian penjelasan saya tentang usaha sablon modal kecil. Semoga menambah wawasan anda dalam usaha sablon.

0 Response to "Usaha Sablon Kaos Modal Kecil"

Posting Komentar