Alat Penunjang agar Menyablon Lebih Efisien

Dulu saat saya masih nguli di salah satu pabrik jepang ada salah satu istilah yang sangat bagus sekali yaitu KAIZEN (secara logat jepang dibaca Kaizeng). Kaizen memiliki arti perbaikan terus menerus atau dalam bahasa inggris continious improvement. Prinsip ini bila kita gunakan dalam kehidupan kita akan sangat menunjang kesuksesan, karena apa? bila kita terus memperbaiki cara kerja kita dengan mereview hasil dan mencari cara agar hasil lebih maksimal dan efisen maka kemajuan pasti akan diraih.

Dalam dunia sablon salah satu cara menerapkan prinsip kaizen adalah dengan menggunakan alat penunjang sablon. Bila kita tidak menggunakan alat pasti kita akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan kita. Misal bila masih pake sistim todong kita dapat pesanan 100 kaos saja pasti akan sangan repot kan. Maka dari itu kita harus pakai alat saat menyablon. Alat apakah namanya? berikut akan saya jabarkan.

Catok
Ada beberapa catok yang saya ketahui dan saya gunakan. Yaitu catok apollo dan catok kupu-kupu. Kalo tidak salah catok apollo menggunakan bandul atau pemberat, jadi saat kita menurunkan screen saat melepasnya akan terangkat otomatis oleh bandul catok tersebut. Sedangkan catok kupu-kupu tidak bisa terangkat otomatis kita harus mengangkat screen sendiri.

Sablon Frame Presisi
Prinsipnya adalah menggunakan frame, jadi screen diletakkan di tengah-tengah screen dan ada alat tambahan untuk malnya (patokannya) yaitu nob.

Itu saja dulu yang saya jelaskan semoga bisa memudahkan pekerjaan sablon anda. Bila ada kekurangan saya mohon maaf. Maklum newbie brohhh..

2 Responses to "Alat Penunjang agar Menyablon Lebih Efisien"