Fungsi Lem Meja pada Sablon Manual

Saya jujur tidak tahu nama asli dari bahan sablon yang satu ini. Dari pertama belajar sablon disuruh beli lem meja biar kaos ga bergeser saat disablon. Memang di kalangan pelaku usaha sablon dan tukang sablon dinamakan lem meja dan sudah umum dimana-mana nyebutnya lem meja. Mungkin karena lemnya di aplikasikan di meja sablon/triplek tatakan kaos.

Lem Meja adalah salah satu penunjang utama dalam proses sablon. Kenapa termasuk salah satu bahan utama? Karena kalu tidak pakai lem meja di pastikan hasil akhir sablonan tidak rapi apalagi yang prosesnya 2 kali sablon misal pada kaos warna hitam. Apakah lemnya akan menempel dan meninggalkan bekas di kaos? Tenang lem meja tak meninggalkan bekas kotor/lengket di bahan kaos. Malahan papan triplek yang akan kotor karena sisa benang dan serat pada kaos menempel di lem. Dan yang harus dibersihkan adalah papan tripleknya. Untuk pwmbersihannya minimal kalo sudah kotor sekali dan menyebabkan kaos yang diletakkan pada triplek tidak rata.

Lem meja dapat dibeli di toko alat dan bahan sablon. Di toko tersebut biasanya menyediakan. Tinggal kita bilang aja mau beli lem meja. Untuk kemasannya ada yang pakai plastik atau botol. Untuk yang pakai plastik dijual dengan kisaran berat. Misal 1/4 kg, 1/2 kg sampai 1 kg.

Sekian tentang lem meja untuk sablon kaos manual. Bila kurang jelas bisa tanya langsung ke saya via komen di bawah atau inbox. Selamat praktek nyablon...

Salam GESUT!

2 Responses to "Fungsi Lem Meja pada Sablon Manual"