Istilah-istilah dalam Dunia Sablon

"Salam GESUT!" Pada beberapa artikel saya kadang menambahkan kata-kata tersebut. Bagi saya sudah tidak asing dengan kata di atas karena sering menggesut dalam proses sablon. Tapi bagi anda mungkin masih asing atau malah menurut anda dikira jenis ikan hehe.. (itu ikan pesut keless). Artikel ini sesuai judulnya membahas tentang istilah-istilah dalam dunia persablonan. Semoga bisa membantu anda lebih memahami kata-kata dalam dunia sablon seperti afdruk, gesut, pecah warna, dll. Ok! Langsung saja saja jelaskan satu persatu menurut versi saya :

- Afdruk Screen
Afdruk yang akan saya jelaskan bukan afdruk foto tapi afdruk screen. Afdruk screen adalah proses membuat cetakan desain sablon di screen dengan bantuan cahaya baik cahaya matahari/lampu.

- Gesut
Gesut adalah proses meratakan rubber / tinta sablon di atas screen agar tinta bisa menempel di kaos.

- Pecah warna
Pecah warna??? Ga salah tuh, emang warna kaya gelas bisa di pecah. Iya beneran bisa, Cinta aja di film AADC bilang "Pecahkan saja warnanya biar ramai" hehehe just kidding. Kembali ke laptop. Pecah warna itu istilah dalam proses editing desain sablon. Bila anda menyablon gambar yang mempunyai warna lebih dari satu tidak mungkin dong cetakannya cuma satu. Pasti banyak sesuai jumlah warnanya karena 1 cetakan untuk 1 warna. Nah biar bisa bikin cetakan untuk masing-masing warna gambar harus diedit dulu di komputer nah inilah yang disebut pecah warna.

- Cabut warna
Kalau tadi pecah warna sekarang saya akan menjelaskan cabut warna. Apa yang dimaksud cabut warna? Cabut warna adalah istilah lain dari discharge. Discharge atau yang umum disebut sablon discharge (sablon cabut warna) adalah salah satu jenis sablon kaos manual yang dalam proses pengerjaannya menghilangkan warna dari kain yang disablon sehingga tinta sablon bisa langsung terserap kaos dan nyaman digunakan. Pada umumnya sablon cabut warna digunakan pada kaos warna hitam. Jadi sekarang sudah tahu kan alasannya kenapa disebut dengan cabut warna.

- Film Sablon
Yang dimaksud film sablon itu bukan film tentang sablon atau film dokumenter atau film dalam artian gambar bergerak. Film sablon adalah sebuah desain yang sudah diprint di atas kertas hvs/kertas kalkir yang akan digunakan untuk mengafdruk screen.

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah dalam dunia persablonan. Tapi saya akan menjelaskannya di artikel mendatang.

Salam GESUT!

3 Responses to "Istilah-istilah dalam Dunia Sablon"

  1. UD. Pelita membuka “Peluang Usaha Bisnis Kalender” untuk:

    Distributor/ Agen Kalender
    Khusus Pedagan Kalender, seperti : Agen Kalender, Toko Kalender, Toko Bahan Cetak, Toko Kertas, Toko Sablon, atau agen-agen yang lain akan kami berikan harga grosir kalender. Bagi yang belum pernah berjualan kalender, tahun ini akan menjadi awal peluang usaha baru anda. kami akan support anda untuk memulai bisnis distributor kalendar. Jangan ragu hubungi
    kami segera di 085648043508. Ingat Bisnis Kalender Tidak Ada Matinya.

    Jika anda bergerak dalam bidang : Percetakan, Jasa Cetak, Jasa Setting, Jasa Sablon, Digital Printing atau apapun bidang usaha anda
    Anda bisa mengambil kesempatan ini.
    UD. Pelita membuka “Peluang Usaha Bisnis Kalender” untuk memasarkan KALENDER 2016.
    Dapatkan penghasilan tambahan jutaaan rupiah dengan Modal Kecil mendapat Hasil yang besar.
    Karena ada ribuan kantor/ perusahaan sudah menganggarkan dana setiap tahunnya untuk membuat kalender.

    Pembeli Kalender
    Manfaatkan moment ini dan jadikan kalender anda sebagai media promosi Toko, Kantor, Perusahaan , Sekolah, Kursus, dll
    sehingga bisa mempererat hubungan usaha anda dengan customer.
    Segera hubungi : 0321866411/ 085648043508 atau langsung ke kantor kami yang beralamat di: Jl KH. Hasyim Asyari no. 90 Jombang Jawa Timur, untuk mendapatkan penawaran harga khusus.

    BalasHapus
  2. ilmu yang sangat bermanfat. tank
    http://apparelstudio.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. http://bar-cloth.com/ ....berkunjung

    BalasHapus