Beda Rubber Netral dengan Rubber Putih

Telah saya jelaskan sebelumnya bahwa salah satu bahan untuk menyablon adalah rubber. Rubber dalam Bahasa Indonesia berarti karet. Memang sifatnya seperti karet dan kalau kering bisa melar seperti karet. Sekarang kita bahas jenis-jenis rubber.
Rubber untuk sablon manual ada dua. Yaitu rubber netral dan rubber putih. Bagaimanakah perbedaannya? Saya jelaskan satu persatu.
Rubber netral atau ada yang menyebutnya rubber warna sifatnya mudah tercampur dengan pigmen warna. Rubber netral sendiri berwarna putih pucat. Karena sifatnya mudah tercampur jadi sering digunakan untuk menghasilkan warna sesuai pigmen warna.
Rubber putih berwarna putih bersih dan sifatnya sulit tercampur dengan pigmen warna. Walaupun kita campurkan pigmen warna banyak rubber putih tidak akan tercampur sesuai.

Rubber putih saya sering menggunakannya untuk dasar sablon kaos yang berwarna hitam. Karena bila kita langsung menyablon rubber warna di atas kaos hitam hasilnya tidak maksimal dan warnanya tidak keluar, oleh karena itu harus pakai rubber putih dulu.

Untuk merek merek rubber sendiri di pasaran banyak mulai dari matsui, quaret dan lain-lain. Rubber berbasis air jadi walaupun dicampur dengan air tidak apa-apa dan pengeringannya bisa cukup dianginkan saja. Lebih maksimal lagi bila pakai mesin press.

2 Responses to "Beda Rubber Netral dengan Rubber Putih"

  1. Mantap gan.. sangat bermanfaat... kalau tunta rubber atda bahan campuran lain tidak selain pigmen warna? kalau ada mhon djelaskan keginaannya trimakasih...

    BalasHapus