Cara Membuat Cetakan Sablon

Di artikel yang lalu saya telah menjelaskan prinsip dasar dalam menyablon kaos. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat cetakan sablon kaos manual yang sangat sederhana.

Mengapa saya menyebutnya sangat sederhana, karena hanya menggunakan kertas/ mika (saya sarankan menggunakan plastik mika supaya cetakan bisa digunakan lagi). Umumnya menyablon kaos secara manual cara membuat cetakannya dengan cara di afdruk. Tapi bagi pemula mengafdruk screen sangat sulit apalagi belum pernah kursus dan belum pernah praktek.

Baiklah kita langsung saja praktek. Langkah-langkah membuat cetakan sablon kaos manual adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain kertas / mika, silet/cutter, solasi double tip dan gambar/tulisan yg akan dibuat cetakan sablon.

2. Siapkan desain sablon (saya sarankan diprint biar rapi) lalu letakkan mika di atasnya. Lem dengan solasi double tip biar tidak bergeser.

3. Buat cetakannya dengan memotong mika sesuai desain dengan silet/cutter. *istilah jawanya ngeblak gambar :)

4. Untuk bagian yg berada di tengah jangan dibuang soalnya nanti akan ditempel di screen menggunakan double tip.
Misal: huruf D kalau bagian yang di tengah dibuang kan tintanya turun semua, jadi huruf D nya full tidak berbentuk huruf D normal. Mungkin soal ini akan saya jelaskan dibagian selanjutnya dan akan saya buatkan video biar jelas.

Sekian penjelasan saya tentang membuat cetakan sablon kaos manual kalo ada yang ingin ditanyakan tulis saja di kolom komentar atau hubungi saya via email di ruri18@gmail.com.

Terima kasih telah mampir di blog Belajar Sablon. Nantikan artikel selanjutnya ya..
Selamat PRAKTEK. JUST DO IT!

0 Response to "Cara Membuat Cetakan Sablon"

Posting Komentar