Software untuk Sablon Kaos Manual

Saya kali ini akan share tentang software untuk membuat desain sablon kaos . Mungkin pada umumnya para desain grafis menggunakan software Photoshop atau Corel Draw untuk mengedit gambar atau membuat desain kaos. Tapi Photoshop dan corel draw yang asli pasti harus membayar lisensi. Kalau anda punya photoshop atau corel draw ga bayar, berarti bisa dipastikan software anda bajakan.

Bagi anda warga negara yg taat ada baiknya menggunakan software legal dan bukan bajakan syukur-syukur gratis. Tapi apakah masih ada di jaman materialistis sekarang ini barang gratis. Tenang ada kok.. dan saya sudah membuktikannya. Nama softwarenya adalah GIMP (mirip photoshop) dan INKSCAPE (mirip corel draw).

Dari pertama belajar desain/edit gambar saya sudah menggunakan GIMP sementara INKSCAPE kenal setelah belajar sablon.

Lalu apa perbedaan kedua software tersebut?
Kenapa harus menggunakan dua software tersebut?

Baiklah saya akan menjawabnya sesuai persepsi tukang sablon. Perbedaannya menurut saya adalah pada kegunaannya dalam mengeprint desain sablon. GIMP yang sangat mirip photoshop merupakan software untuk mengedit berkaitan dengan pixel (maaf bila salah, saya bukan sarjana IT) kalau kita mencetak gambar langsung dari GIMP / Photoshop maka hasilnya akan pecah-pecah atau blur. Sementara software INKSCAPE / Corel draw berbasis vektor dan kalau kita mengedit gambar/tulisan di inkscape & corel draw lalu dicetak hasilnya akan tajam. Karena file vektor kalau diperbesar sampai berapapun gambarnya tidak akan pecah.

Untuk membuat dan mencetak desain sablon saya sarankan menggunakan INKSCAPE. Dan kalau membuat preview gambar kaos jadi, edit/manipulasi foto, dll lebih baik pakai GIMP. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang alat editing dan tips-tips mengedit desain sablon akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

0 Response to "Software untuk Sablon Kaos Manual"

Posting Komentar